Aku dan Caraku

Saat sesuatu tak berjalan sesuai harapan padahal merasa sudah menggunakan upaya dengan sumber daya yang dimiliki secara maksimal, saya cenderung menyalahkan keadaan, keadaan yang dianggap tidak memihak pada saya. Nyatanya ada begitu banyak faktor baik internal ataupun eksternal atas sebuah keberhasilan. Bila hasil akhirnya adalah sebuah kegagalan anggap saja belum saatnya bagi saya untuk mendapat keberhasilan itu. Akan saya biarkan diri saya menangis dan berintrospeksi untuk kurun waktu tertentu supaya saya tau arti sebuah perjuangan, memahami hikmah dibalik sebuah kegagalan dan mengerti arti sebuah kehilangan. Tegakkan kepala lalu tersenyum sambil menikmati birunya langit dipastikan akan mengurangi beban dibahu, kalaupun langit mendung setidaknya saya masih bisa mendoktrin diri sendiri bahwa masalahku sangat amat kecil dibandingkan dengan luasnya angkasa, dibandingkan dengan ribuan masalah yang orang lain hadapi. Sebisa mungkin saya berpikir bahwa akan ada solusi disetiap persoalan, didukung oleh orang-orang terdekat yang akan memberikan pengaruh berarti baik secara langsung ataupun tidak langsung. Saya akan lihat disekeliling bagaimana orang lain memecahkan sebuah masalah, menjawab sebuah pertanyaan dan menyikapi suatu ketidakberhasilan. Bukankah belajar itu tidak harus selalu kita yang mengalami sendiri ? kita bisa belajar dengan memperhatikan orang lain yang berpengalaman.

Saat sesuatu berjalan dengan baik, hasil akhir dicapai sesuai target maka saya akan berpikir bahwa daya upaya dan cara yang ditempuh sudah benar. Saya akan senantiasa mawas diri agar hasil yang saya dapat bisa saya nikmati dan bagikan kepada orang-orang yang selama ini membantu proses realisasi. Bagi saya merasa bahagia itu tidak harus muluk, hal sederhana seperti makan bersama anggota keluarga, masih bisa berbagi cerita konyol bersama teman, makan makanan favorit, pergi ketempat asik, unik dan baru untuk mengobrol, tertawa sambil bercerita tentang aktivitas keseharian, mengantri tiket bioskop saat ada film seru, membaca chatting lucu dari teman saat penat kegiatan kantor, atau bahkan hunting barang-barang di online shop.

↬ Makan seperlunya, tidur secukupnya dan tertawa sebanyak mungkin.
↬ Jadilah seperti bunglon yang mampu beradapasi dengan lingkungan sekitar, dimanapun itu.
↬ Sayangi mereka yang peduli dan perjuangkan mereka yang berarti untukmu.


Cheers :)






Komentar

Postingan Populer